nasi kuning

Cara Membuat Nasi Kuning yang Enak dan Praktis

Nasi kuning dan nasi box adalah salah satu kuliner yang biasa ditemukan dalam acara doa syukuran, yaitu dalam tumpeng. Namun, sebenarnya kita bisa membuatnya untuk konsumsi sehari-hari.

Apalagi, cara membuat nasi kuning tidaklah sulit dan bisa dilakukan bahkan menggunakan rice cooker.

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Ada berbagai jenis nasi kuning yang dikenal masyarakat. Mulai nasi Pelleng yang ada di Sumatera Utara hingga nasi kuning yang ada di Gorontalo, semuanya memiliki cita rasa masing-masing.

Namun, yang paling umum dikenal masyarakat adalah nasi kuning tumpeng dan biasanya nasi tumpeng digunakan saat acara selamatan pernikahan dan Anda dapat menggunakan wedding organizer di Tangerang saat hendak melaksanakan pernikahan.

Selain itu jasa catering pernikahan tak dapat dipisahkan saat Anda hendak melakukan resepsi pernikahan karena mereka itu adalah satu kesatuan yah.

Nah, berikut ini bahan dan cara membuat nasi kuning sederhana. Lebih tepatnya nasi kuning yang ada pada tumpeng khas Jawa dan Bali.

  1. beras putih sekitar 1 kg
  2. air santan segar 1000 ml
  3. sari kunyit rebus 1 sendok
  4. serai 1 batang
  5. daun salam 4 lembar
  6. jahe sekitar 5 cm
  7. lengkuas sekitar 2 cm
  8. bawang merah 5 siung
  9. bawang putih 4 siung
  10. daun pandan memar 2 lembar
  11. garam 4 sdm atau secukupnya

Setelah bahan yang dibutuhkan sudah siap, lakukan langkah pemasakan nasi kuning berikut ini.

  1. Cuci beras putih hingga bersih. Cuci hingga air bekas cuciannya terlihat bening. Tiriskan untuk beberapa saaat.
  2. Sementara itu, haluskan beberapa bumbu seperti jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap rasa jika perlu.
  3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam santan, termasuk juga kunyit. Panaskan santan tersebut hingga mendidih.
  4. Apabila ingin lebih enak, maka lakukan mengaron nasi. Mengaron adalah memasak nasi hingga setengah matang.
  5. Setelah nasi setengah matang, angkat dari perapian. Selanjutnya, siram sedikit demi sedikit menggunakan air santan bercampur bumbu. Jangan lupa disaring ketika menuang santan.
  6. Siram air santan sambil mengaduk nasi aron. Setelah merata, diamkan nasi aron tersebut beberapa saat hingga air santan terserap.
  7. Masak lagi nasi setengah matang tersebut hingga matang atau tanak.

Tips Agar Nasi Kuning Lebih Enak

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mengolah nasi kuning agar lebih lezat. Simak beberapa poin berikut ini.

  1. Tambahkan segenggam beras ketan ke dalam beras yang akan dijadikan nasi kuning. Selain sebagai cara membuat nasi kuning yang enak, menambahkan beras ketan akan membuat nasi kuning menjadi lebih mudah untuk dibentuk kerucut.
  2. Mengaron nasi kuning akan membuatnya menjadi lebih tahan lama. Untuk membuat nasi kuning secara instan, kita tidak perlu mengaron atau memasaknya hingga dua kali tahap. Cukup masak seperti memasak nasi biasa.
  3. Setelah nasi diaron atau dimasak setengah matang dan ditambahkan santan, kita bisa menyimpannya untuk beberapa saat. Apabila nasi kuning tersebut sudah akan disantap, maka kita bisa memasaknya hingga tanak. Dengan begitu, nasi kuning bisa disajikan secara hangat.
  4. Menggunakan santan sachet atau santan kara sangatlah praktis. Akan tetapi, menggunakan santan yang berasal dari kelapa segar dan diperas pada hari yang sama akan membuat nasi kuning menjadi lebih enak. Kualitas kelapa yang dijadikan santan juga akan mempengaruhi rasa nasi.
  5. Ketika memasak saat mengaron atau menanakkan, gunakan air mendidih atau santan yang mendidih. Hal ini akan membuat nasi kuning tidak mudah basi.
  6. Cuci bersih beras yang akan dijadikan nasi kuning. Cuci beras hingga air cuciannya menjadi bening. Hal ini akan membuat nasi menjadi tahan lebih lama.

Tips Memilih Lauk

Kita bisa menggunakan lauk instan seperti abon sapi atau sosis untuk menyantap nasi kuning. Namun, secara filosofis lauk pada nasi kuning tumpeng telah diatur seedemikian rupa. Lauk nasi kuning tumpeng harus berasal dari hewan darat, hewan air, dan sayuran.

Ayam biasanya digunakan untuk mewakili lauk hewan darat. Sementara untuk hewan air, yang digunakan adalah ikan lele perlambang keuletan hidup dan ikan teri perlambang hidup berkelompok. Sementara sayuran yang disajikan adalah urap yang berisi setidaknya kacang panjang, taoge, kangkung, dan bayam.

Itulah tadi uraian mengenai cara membuat nasi kuning. Kita bisa mengkreasikan nasi kuning dengan beberapa bahan lain. Misalnya, kita bisa menambahkan kacang merah besar pada beras yang dimasak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *