Ketika Si Kecil Batuk

DITEPUK-TEPUK “Alhamdulillah, anakku jarang terkena batuk. Tapi pas sakit batuk, kasihan lihatnya. Kalau sudah batuk, selain tidurnya terganggu, istirahatnya juga berkurang. Jadinya dia rewel. Walau demikian, saya tidak pernah memberinya obat batuk. Saya hanya memberikannya ASI, juga mengoleskannya balsam penghangat untuk bayi usai mandi dan saat tidur, lalu ditepuk-tepuk. Setelah itu biasanya keluar dahak atau lendirnya. Paginya juga saya jemur sambil ditepuk-tepuk bagian punggung dekat leher agar dahak keluar.” Sulastri, mama dari Raditya Yodha Sayekti (20 bulan)

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

DIBERI BUAH BUAHAN SEGAR “Anak-anakku ceria dan aktif. Alhamdulillah, anakku jarang sa kit karena ke duanya aku beri ASI. Tapi kalau daya tahan tubuhnya sedang drop karena cuaca ekstrem atau polusi, anakku batuk juga. Kadang kalau Danis batuk sampai muntah, lalu lemas, deh. Kalau sudah begitu, saya ka sih makanan bervitamin tinggi, seperti: buah-buahan segar, banyak minum air putih dan mengurangi makanan yang memicu batuknya.” Novieta, mama dari Danish Faeyza Alvian (4,7)

DIBERI JERUK NIPIS “Jika Si Kakak batuk, saya punya obat andalan, yaitu jeruk nipis yang diperas airnya lalu dicampur air hangat. Kakak Nayoda sangat suka jika saya membuatkan jeruk nipis hangat. Katanya, enak! He he… bagaimana tidak enak? Jeruk nipis hangatnya saya beri tambahan madu. Selain jeruk nipis hangat, jahe pun bisa lo menjadi obat. Cara membuatnya, pipihkan jahe lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah mendidih tambahkan madu. Kalau kata Kakak Nayoda, bikin hangat tenggorokan.” Indri Syakira, mama dari Nayoda Zadran Alkarakhi (3)

GARA-GARA AYAH waktu itu ayah flu, saya minta untuk jauh jaih dari si kecil  Tapi, namanya juga ayah, saat rasa kangen memuncak, dia mencium Delta dan menggendongnya tanpa sepengetahuan saya. Malam harinya Dedek Delta tidur nya nggak nyenyak. Esoknya, hidungnya mampat, lalu batuk, dan terdengar suara grok-grok saat bernapas. Saya ajak si kecil ke bi dan dan dianjurkan untuk memperbanyak ASI. Paginya saya jemur dia sambil dipangku. Alhamdulillah, seminggu kemudian Delta sembuh tanpa obat.” Yuyun Churnia, mama dari Delta Rizky Langit Ramadhan (3 bulan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *