Komunitas Ontel Batavia

KOBA? Apa sih Koba? Tayangan kartun baru ya? Atau tokoh ­ lm baru? Eitss.. Bukan keduanya lho. KOBA merupakan singkatan dari Komunitas Ontel Batavia yang adalah sekumpulan pecinta ontel yang sama-sama ingin melestarikan nilai klasik dan historikal yang ditemui pada sepeda tua. Mau dibilang jadul tapi ternyata hobi yang satu ini sekarang malah menjadi sebuah tren baru di tengah masyarakat. Buktinya, hingga saat ini jumlah anggota dari KOBA mencapai 500 orang, itu saja belum termasuk anggota yang belum terdata secara resmi.

Baca juga : Net89

“Sekarang ini malah bisa sampai 1000 orang anggotanya. Kita terakhir data itu tahun 2012, itu saja udah hampir 500an orang. Yah, sekarang kalau mau gabung ya tinggal dateng aja ke bunderan HI setiap minggu pagi. Asal memang suka ontel, dan yang penting lagi juga punya ontel,” jelas Zainal Abidin, Ketua Umum Komunitas Ontel Batavia yang ditemui saat car free day. Komunitas yang sudah berdiri sejak Agutus 2005 ini ternyata anggotanya tidak saja berada di Jakarta, beberapa juga ada di Padang sampai Madura.

Awalnya KOBA muncul dari hasil perpecahan komunitas Silang Monas tahun 2000. Dengan semangat tetap ingin melesatarikan tempo dulu deng an sepeda antik, membuat Uwa Inan menjadi salah satu pelopor terbentuknya Komunitas Ontel Batavia menggagasnya. Sepeda ontel yang dimiliki setiap anggota tidak hanya digunakan saat sedang berkumpul atau ada acara saja. Setiap harinya, mereka juga mengontel untuk berpergian kemana pun.

Uwa Inan salah satunya, dalam usianya yang sudah mencapai 84 tahun ini setiap hari Ia masih menggunakan sepeda ontel untuk berpergian, bahkan dia bersepeda dari daerah Cakung untuk sampai ke daerah bundaran HI ini. Dengan semangat “satu rasa sama rasa”, KOBA terus melebarkan jaringannya hingga luar kota. Dalam waktu dekat ini, Gresik menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi.

“Di sana juga banyak teman-teman pecinta ontel. Kita mau saling sharing saja soal ontel. Yang penting samasama senang, hehe,” ujar Zainal. Nah, jika Anda mengaku pecinta ontel atau mulai tertarik untuk bergabung dengan komunitas satu ini. Langsung saja datang di sekitaran Bundaran HI saat car free day, pasti langsung terlihat serombongan sepeda ontel yang parkir di sana. Tenang saja, mereka sudah mulai nongkrong dari jam 6 hingga 11 siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *