kaligata

Mengetahui Penyebab Kaligata dan Cara Mengobati Kaligata

Penyebab Kaligata – Marilah kita mengetahui sebuah penyakit yang umum diderita masyarakat Indonesia yaitu kaligata. Mengetahui penyebab kaligata mesti memahami bagaimana karakter penyakit ini.

Penyakit ini umumnya diderita dari kalangan bayi, remaja hingga dewasa dengan ciri-cirinya adalah kulit seperti melepuh, menonjol atau terasa gatal dan terus menerus membuat kita tidak nyaman. Jika anda tidak familiar dengan kata kaligata, anda mesti mengetahui nama lain kaligata yaitu biduran.

Apakah Penyakit Kaligata Itu?

Bagi sebagian orang memang biduran lebih familiar dibandingkan kaligata, karena kaligata lebih dikenal di kalangan akademik dan kesehatan, sementara istilah biduran beredar di masyarakat. Tetapi pada intinya sama saja, mengetahui penyebab kaligata mesti melacak rekam jejak seseorang karena beberapa penyakit kaligata bisa jadi disebabkan alergi, sementara yang lain bisa disebabkan faktor yang berbeda.

Cara mengobati kaligata antara satu penyebab dengan penyebab yang lain juga berbeda tentunya. Jika anda mengalami kaligata yang disebabkan karena alergi, maka menghentikan makanan atau minuman yang anda konsumsi penyebab alergi adalah solusi utama.

Baca Juga: Cara Membuat nasi Tumpeng

Sementara jika disebabkan karena faktor lain semisal karena penyakit sekunder, kebersihan kamar yang tidak baik, atau pakaian anda yang menyebabkan biduran maka perlu dicek ke arah sana.

Penyakit kaligata, atau biasa disebut dengan biduran merupakan penyakit umum yang bisa ditangani oleh dokter. Bagi kalangan kesehatan, biduran lebih dikenal dengan sebutan urtikaria, dengan ditandai sebuah luka seperti gatal-gatal yang membekas, memanjang dan membuat anda tidak merasa nyaman. Pada kondisi tertentu kadang bekas luka ini bewarna merah, putih atau bahkan menghitam.

Mengetahui Penyebab Kaligata Lebih Dalam

1. Karena alergi

Penyebab kaligata sendiri bisa digolongkan beberapa jenis, pertama penyebab kaligata yang disebabkan karena alergi, misalnya anda terkena alergi makanan dan minuman tertentu. Selanjutnya, bisa juga alergi karena serbuk sari dari sebuah tanaman, alergi bulu hewan juga bisa

Selain itu alergi juga bisa disebabkan karena serangga atau bahkan gigitan serangga kecil seperti tungau, semut atau serangga daun. Anda juga bisa terkena alergi udara dingin semisal dari kipas angin atau air conditioner. Selain itu juga bisa karena anda tidak terbiasa berada di udara dingin, misal dari surabaya berpindah ke bandung.

2. Efek saping dari penyakit

Kedua, penyebab kaligata sendiri bisa dikategorikan sebagai efek samping dari sebuah penyakit, sehingga kaligatanya sendiri merupakan penyakit sekunder. Penyakit primernya sendiri anda perlu cek ke dokter. Karena pada beberapa kondisi jika penyakit kaligata berulang menandakan ada penyakit primer di dalam tubuh anda yang mesti anda periksakan ke dokter.

Beberapa penyakit primer seperti tiroid, HIV dan beberapa penyakit dalam lainnya menyebabkan gejala sekunder gatal gatal seperti biduran.

3. Karena kebersihan pakaian

Ketiga, penyebab kaligata adalah karena gatal gatal biasa yang terus menerus anda garuk. Biasanya menyebar luas karena disebabkan baju yang kita pakai menyebabkan gatal dan menyebar kemana mana.

Bagaimanakah Cara Mengobati Kaligata?

Lalu, bagaimana cara mengobati kaligata? Cara mengobati kaligata ada dua macam. Mengobati kaligata di rumah bisa dengan mengompres dengan air dingin, mengurangi konsumsi makanan atau minuman atau penyebab lain yang menjadikan alergi sehingga memunculkan kaligata.

Selain itu, anda juga bisa melakukan tes alergen di rumah sakit atau puskemas untuk mengetahui apakah anda termasuk alergi terhadap makanan makanan tertentu.

Cara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat antihistamin yang bisa anda dapatkan dengan berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, alangkah lebih baiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai apakah adanya penyakit primer dalam tubuh anda yang menyebabkan munculnya kaligata yang terlalu sering.

Sebagai kewaspadaan, anda mesti segera membawa ke dokter atau ke unit gawat darurat terdekat jika kaligata anda sudah membuat anda tidak nyaman, gatal gatal menyeluruh ke leher, badan dan wajah, membuat badan anda panas dan bahkan pusing atau muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *