MODAL SELESAIKAN MASALAH

Punya anak prasekolah memang harus siap de ngan hal-hal seperti di atas. Asal tahu saja, keah lian si kecil tawar menawar sebetulnya merupakan bentuk dari kemampuan negosiasi. Kapan pun di mana pun, si prasekolah berusaha bernegosiasi dengan kita. Tentunya Mama Papa harus meladeni anak. Tapi, meladeni tak berarti terus mengiyakan atau terus menolaknya, bergantung pada situasi dan apa yang sedang dituju anak. Negosiasi antara kita dan si prasekolah sebe tulnya merupakan pengalaman penting bagi anak.

Proses tawar-menawar dapat menjadi cara kita mengajari anak untuk menghadapi masalah de ngan baik. Adakalanya tawar-menawar itu ber akhir dengan kemenangan kita (orangtua), se himgga anak harus melakukan apa yang kita minta, namun adakalanya kita yang menuruti kemauan anak. Proses ini ibarat simulasi bagaimana nanti nya anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Pro ses ini juga mengajari anak untuk mau bekerja sama atau berkompromi dengan orang lain, yang nantinya menjadi model pembelajaran bagi anak, bagaimana bersosialisai dan bekerja sama di masyarakat.

Memang, negosiasi itu proses menantang, Mama Papa bisa jadi kewalahan dibuatnya. Namun, kunci utamanya tetap di kita sebagai orang tua. Modalnya cuma perlu belajar bagaimana mengatur emosi dan mengendalikan diri, sehingga kita tetap tenang menghadapi anak dalam situasi seperti ini. Pun ketika kita merasa sudah terlalu kesal atau marah, pilihan untuk menjauh sejenak dari anak dan menenangkan diri adalah tepat. Ketika proses tawar-menawar sudah melibatkan intonasi tinggi, maka “perang” itu pasti akan semakin memanas. Cara terbaik untuk menormalkan keadaan adalah dengan pergi sejenak untuk menenangkan diri, dan kembali lagi untuk memeluk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *