Pilah Pilih Minuman Bag2

MINUMAN MANIS KEMASAN Sangat dibatasi, sebisa mungkin tidak sering dikonsumsi. Bisa melonjakkan kadar gula darah Mama dengan cepat, sehingga tubuh menjadi mudah lelah karena harus mencerna gula. Padahal, Mama butuh asupan energi yang lebih sehat untuk memperlancar proses menyusui. Selain itu, kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman kemasan dapat menyulitkan Mama dalam memperoleh berat badan ideal.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

MINUMAN ISOTONIK & BERSODA Dibatasi, cukup sekali dalam seminggu atau tidak sama sekali. Minuman berenergi maupun bersoda memiliki kandungan bikarbonat yang mengikat kalsium, sehingga penyerapan kalsium menjadi terganggu. Padahal Mama membutuhkan kalsium untuk memproduksi ASI yang berkualitas.

JAMU/MINUMAN HERBAL PELANCAR ASI Sesuai anjuran dokter. Perlu ditinjau lebih dulu apakah ada kandungan yang berdampak pada bayi. Terlebih bila mengonsumsi jamu pe nyembuh luka nifas, ditakutkan ada kandungan yang terbawa melalui ASI. Karena metabolisme bayi belum sempurna, kemungkinan risiko bayi kuning semakin tinggi.

MAKANAN BERKUAH Semangkuk untuk makan siang atau malam. Tak hanya dalam bentuk minuman, Mama juga bisa mengasup cairan bagi tubuh lewat makanan berkuah. Ini bisa dijadikan solusi bagi Mama yang sering lupa minum karena jarang merasa haus. Termasuk Mama yang tak suka susu, sup bening sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, pokcoy, bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan untuk memproduksi ASI yang berkualitas.

Bolehkah Minuman Panas atau Dingin?

Mama menyusui tak boleh mengonsumsi minuman panas ataupun dingin. Pernah mendengar larangan ini, Ma? Alasannya, minuman panas bisa membuat bayi panas dalam dengan tanda-tanda bibir menjadi berwarna putih, sedang kan minuman dingin diyakini bisa membuat bayi terserang flu. Ternyata, larangan itu cuma mitos, Ma!

Saat kita makan es krim, minum es, atau sebaliknya, minum teh panas sekalipun, suhu ASI yang keluar akan mengikuti suhu tubuh kita, yaitu sekitar 37°C. Khusus minum an hangat, justru mama menyusui dianjurkan minum segelas air hangat sebelum menyusui agar produksi ASI maksimal. Meski belum ada penelitian yang menguji kebenaran pendapat tersebut, namun tak ada salahnya bila anjuran itu dituruti. Pasalnya, minum segelas air hangat sebelum menyusui membuat Mama cukup segar dan relaks, sehingga menyusui jadi lebih bersemangat.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *