Pilih yang Mana ?

Inilah beberapa pilihan alat bantu yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan berjalan sendiri pada anak. Sebenarnya, penggunaan alat bantu berjalan un- tuk anak masih memicu pro dan kontra di dunia kedokteran. Ada dokter yang berpendapat, proses belajar berjalan sendiri, hendaknya dilakukan secara natural dan tidak ada satu alat bantu pun yang terbukti secara ilmiah bisa membantu mempercepat anak dalam menguasai kemampuan berjalan sendiri. Tetapi, ada pula dokter yang beranggapan kalau beberapa alat bantu berjalan dapat digunakan untuk melatih anak berjalan. Nah jadi, apakah akan menggunakannya atau tidak, keputusan ada di tangan kita.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

# Walking Assistant Alat ini berbentuk tali yang terhubung dengan kain pengikat di dada dan bawah ketiak. Ikatan di bagian dada bisa diatur tingkat ke kencangannya. Biasanya digunakan sejak si kecil berusia 9 bulan atau disesuaikan dengan kemampuan. Pastikan anak berdiri bukan karena ditahan oleh alat ini, tetapi ia memang berdiri sendiri. Walking Assistant ha nya mencegah anak supaya tidak mudah jatuh. Jangan sampai anak dalam posisi melayang. Alat ini mudah ditemukan di mana saja, mulai toko perlengkapan bayi, seperti Mothercare, hingga pusat belanja online, seperti: lazada.co.id, atau tokopedia.com

# Exersaucer Perlengkapan ini membantu anak untuk belajar berdiri, melompat, dan berputar, namun tetap berada di satu tempat. Umumnya , berbentuk mirip dengan baby walker, tapi tanpa roda, sehingga lebih aman. Ada pula bentuk lainnya. Contoh dari Exersaucer adalah “Around We Go” dan “Jumperoo” dari Bright Starts. Mama juga bisa melatih ke kuatan kaki anak sambil bermain memakai “Giraffe Trampoline” buatan Early Learning Centre (ELC). Namun, karena posisinya yang hanya diam di satu tempat, mungkin bisa membuat anak mudah bosan. Untuk itu, diperlukan kreativitas Mama agar permainan menjadi terus menarik hati si kecil.

# Push Walker Semacam mainan yang bisa didorong dengan berbagai bentuk, misalnya kereta, mobil, troli, dan lainnya. Alat ini dapat memicu anak untuk mendorong sambil berpegangan de ngan cara menyenangkan. Pastikan untuk mendampingi anak di sampingnya, karena anak bisa terlalu kencang mendorong ke depan atau terjerembap ke belakang bila tidak berhati-hati. Produk “Stride To Ride Lion” dari Fisher Price yang tersedia di toko peralatan anak dan hypermarket seperti Lotte Mart ini, bisa menjadi pilihan Mama. Selain bisa didorong, anak juga dapat menaikinya. Warna, lekuk, serta bentuk yang menarik membuat fase belajar berjalan jadi terasa lebih menyenangkan. Juga, bisa merangsang motorik halus, keseimbangan, dan koordinasi anak.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *